Kamis, 30 Desember 2010

PTK BIG SMP KOOPERATIF LEARNING

ABSTRAK

DRS. TEGUH BASUKI, 2010. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KLAS IX C SMP I SUDIMORO PACITAN PADA TEMA NATURE SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. UPT. SMP I Sudimoro Pacitan

Kata kunci: Keterampilan berbicara, Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw, media gambar.

Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi penelitian, metode pengajaran yang masih umum digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SMP Negeri I Sudimoro Pacitan adalah metode ceramah. Proses pembelajaran lebih terpusat pada guru. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan bosan. Lebih jauh, siswa menjadi malas untuk belajar. Hal ini telah menyebabkan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu, guru perlu mengubah setrategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif.diyakini dapat lebih mengaktifkan siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Model Pembelajaran kooperatif menawarkan beberapa tipe. Salah satunya adalah tipe jigsaw. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, siswa dilatih bekerja sama, saling mendengarkan pendapat teman dan bertanggung jawab dalam menguasai bahan pembelajaran yang diberikan guru.

Penelitian tindakan kelas (PTK) tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan prestasi belajar serta respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IX C SMP Negeri 1 Pacitan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Juli 2010 hingga september 2010. Jumlah siswa, sebanyak 32 orang.

Data penelitian berupa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara, meliputi keaktifan, sikap kooperatif dan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Berdasarkan hasil angket, observasi, wawancara dan catatan lapangan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan media gambar dapat meningkatkan sikap aktif dan kooperatif serta keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris.

Disarankan : (1)Guru bidang studi Bahasa Inggris hendaknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk materi-materi selanjutnya karena dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa; (2)Dengan penerapan model pembelajaran kooperatif terutama tipe jigsaw, para siswa diharapkan lebih termotivasi untuk lebih bersemangat dalam belajar. Hal ini disebabkan model pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk lebih mandiri karena sumber informasi bukan hanya berasal dari guru melainkan juga berasal dari teman sebaya sehingga akan lebih komunikatif; (3)Diharapkan guru bidang studi Bahasa Inggris menggunakan tehnik yang lebih bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif. Guru tidak hanya menerapkan tipe jigsaw saja, melainkan juga tipe yang lain, seperti STAD, TGT, dan lain-lain agar pembelajaran lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar