Selasa, 07 Desember 2010

PTK Penggunaan Brosur Obat

ABSTRAKSI

PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA

YANG BERSUMBER DARI BROSUR OBAT-OBATAN

SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

DI KELAS II SLTP 1 SUDIMORO PACITAN

Oleh:

Drs. TEGUH BASUKI

GURU BAHASA INGGRIS SLTP 1 SUDIMORO PACITAN

Penggunaan Bahasa Inggris secara mahir dirasakan urgen bagi siswa dewasa ini. Hal ini sehubungan dengan tuntutan dan kebutuhan dalam era globalisasi. Di samping itu penggunaan Bahasa Inggris juga diperlukan agar Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia siap dam mampu menguasai perkembangan IPTEK untuk memenuhi berbagai keperluan pembangunan di segala macam sektor kehidupan bangsa.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, inovasi di bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara handal di kalangan para siswa. Dalam hal ini, ada beberapa kendala yang dihadapi guru Bahasa Inggris di lapangan, antara lain minat belajar siswa yang masih lemah, anggapan yang berkembang di kalangan siswa bahwa Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sangat sulit, terbatasnya bahan pembelajaran baik yang dimiliki siswa maupun yang ada di sekolah dan minimnya alat peraga untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

Kaitannya dengan berbagai kendala yang di hadapi guru Bahasa Inggris tersebut di atas, maka kreatifitas guru sangat diperlukan dalam menciptakan iklim PBM Bahasa Inggris yang kondusif bagi peningkatan kemampuan berbahasa Inggris di kalangan para siswa. Salah satu upaya yang di tempuh guru, yaitu membuat bahan pembelajaran yang menarikminat siswa untuk menguasai Bahasa Inggris. Oleh karena itu, kajian tentang “Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa yang Bersumber dari Brosur Obat-Obatan sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas II SLTP 1 Sudimoro” bersifat vital dilakukan sebagai salah satu upaya guru untuk meningkatkan kualitas PBM Bahasa Inggris.

Berdasarkan latar belakann di atas, ada 3 permasalahan yang dikaji dalam Karya Tulis ini, yaitu:

1) Bagaimankah gambaran tentang cara membuat LKS yang bersumber dari Brosur Obat-Obatan?

2) Bagaimanakah gambaran tentang penggunaan LKS tersebut dalam pembelajaran Sub Pokok Bahasan Obat-Obatan?

3) Apa sajakah keuntungan-keuntungan yang diperoleh dalam penggunaan LKS tersebut?

Berdasarkan analisa deskriptif dan reflective thinking, dapat disimpulkan bahwa:

1) Brosur obat-obatan dapat dijadikan sumber bacaan dengan bentuk LKS sebagai sumber pembelajaran Bahasa Inggris untuk menjelaskan Sub Pokok Bahasan Obat-Obatan.

2) Dalam pembuatan LKS, modifikasi terhadap segi-segi kebahasaan yang ada dalam teks brosur obat-obatan diperlukan untuk keperluan pembelajaran.

3) Dalam penggunaan LKS, guru perlu menyiapkan Rencana Pengajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran.

4) Pemanfaatan brosur obat-obatan dalam bentuk LKS memberikan dampak yang kondusif bagi PBM Bahasa Inggris.

Disarankan kepada:

1) Para siswa untuk meningkatkan semangat belajar Bahasa Inggris.

2) Para guru Bahasa Inggris untuk meningkatkan kreatifitas dalam pengembangan bahan pembelajaran yang menarik.

3) Pimpinan sekolah untuk terus menerus melengkapi keterbatasan bahan pembelajaran Bahasa Inggris yang ada.

4) Para peneliti lain untuk mengembangkan Karya Tulis ini ke dalam ruang lingkup yang lebih luas.