Sabtu, 07 Januari 2023

Judul PTK, Bagaimana?

Bagaimanakah Merumuskan Judul Penelitian Tindakan Kelas?


Persiapan Guru Sebelum Melaksanakan Penelitian
Banyak kalangan guru merasa kebingungan saat merumuskan judul penelitian tindakan kelas (PTK). 

Perlu diketahui bahwa PTK adalah upaya guru untuk mendiagnosa problem pembelajaran di kelas melalui penelitian sesuai bidang tugasnya. PTK menjadi vital bagi guru untuk perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, PTK seyogyanya dilakukan guru secara riil sesuai kelas dan mata pelajaran yang diampu. 

Sebelum guru melaksanakan PTK ini, dibutuhkan persiapan bagi guru sebagai berikut: 

1) Guru mendokumentasikan proses pembelajaran berupa jurnal pembelajaran (catatan yang berisi diskripsi dan situasi siswa, kelas, dan guru); 

2) Guru mendokumentasikan hasil pengamatan dan penilaian (tes) terkait aktifitas dan prestasi siswa dalam pembelajaran; 

3) Guru melakukan dan mendokumentasikan hasil refleksi pembelajaran.

Refleksi Guru Terhadap Pembelajaran, Bagaimana?
Apa sajakah yang memprihatinkan bagi guru terhadap pembelajaran yang telah dilakukan? Dalam hal ini, guru  mengumpulkan dan menganalisis permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. 

Ada 3 hal yang biasanya menjadi fokus dalam PTK, yaitu: 

1) Bagaimanakah prestasi belajar siswa?
2) Bagaimanakah aktifitas belajar siswa?; 
3) Bagaimanakah motivasi belajar siswa? 

Dengan demikian, refleksi guru ini merupakan langkah awal sebelum guru melaksanakan PTK.

Rumusan Judul PTK, Bagaimana?
Judul PTK mengacu pada hasil refleksi guru terhadap pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan berikut akan membantu guru untuk merumuskan judul penelitian, yaitu: 

1. Apa yang ingin Anda tingkatkan?

2. Apa pendekatan /setrategi/model / metode/tehnik pembelajaran yang Anda pilih sebagai upaya peningkatan tersebut?

3. Bagi siswa yang mana?

4. Dimana Anda melakukan penelitian ini?

5. Kapan Anda melakukan penelitian?

Jawaban dari beberapa pertanyaan di atas akan menjadi judul PTK. Contohnya, sebagai berikut: 

Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw  Bagi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Sudimoro Pada Tema Nature  Semester Ganjil Tahun Pelajaran 1994/1995.

Berdasarkan judul PTK di atas, diketahui sebagai berikut:

1. Guru ingin meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu ketrampilan berbicara Bahasa Inggris;

2. Guru memilih penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw;

3. Guru ingin meneliti siswa sesuai kelas yang diampu, yaitu Kelas VII A;

4. Guru melakukan penelitian di kelas VII A SMP Negeri 1 Sudimoro;

5. Penelitian dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 1994/1995.

 Berikut contoh beberapa judul PTK yang ringkas, antara lain (https://www.kangjo.net/berita/detail/30-contoh-judul-penelitian-tindakan-kelas-ptk-guru-smp):

1. Peningkatan Hasil Belajar Materi Could I Have One Melalui Media Gambar Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Benua Lima 
    Contoh Laporan PTK SMP, silahkan DOWNLOAD DISINI
 
2. Peningkatan Hasil Belajar Materi Clothes Menggunakan Strategi KWL (Know, Want to know, Learner) Siswa Kelas VIIIb  SMPN 1 Benua Lima
Contoh Laporan PTK SMP, silahkan DOWNLOAD DISINI
 
3. Peningkatan Hasil Belajar Materi The Transportation Menggunakan Media Game Who Wants To Be Millionaire Siswa Kelas IXb SMPN 1 Benua Lima
Contoh Laporan PTK SMP, silahkan DOWNLOAD DISINI
 
4. Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Menggunakan               Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Benua Lima
Contoh Laporan PTK SMP, Silahkan DOWNLOAD DISINI
 
5. Peningkatan Hasil Belajar Materi Pranata Sosial dalam Kehidupan Masyarakat Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Siswa Kelas VIIIa SMPN 1 Benua Lima
Contoh Laporan PTK SMP, Silahkan DOWNLOAD DISINI
 
6. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Benua Lima
Contoh: Laporan PTK SMP
 
7. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Benua Lima
Contoh: Laporan PTK SMP, materi operasi hitung aljabar

8. Peningkatan Hasil Belajar Materi Geometri Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments  Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Benua Lima
Contoh: Laporan PTK SMP, materi Geometri
 
9. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pythagoras Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Siswa Kelas VIIIc SMPN 1 Paku
Contoh: Laporan PTK SMP
 
10.Peningkatan Hasil Belajar Materi Geometri Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments  Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Paku
Contoh: Laporan PTK SMP
 
11.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Paku
Contoh: Laporan PTK SMP
 
12. Peningkatan Hasil Belajar Materi Membangun Karakter Bangsa Melalui Sastra Menggunakan Pembelajaran Model STAD  Siswa Kelas IXe SMPN 1 Dusun Tengah
Contoh: Laporan PTK SMP
 
13.Peningkatan Hasil Belajar Materi HAM menurut Iman Kristen Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe KWL Siswa Kelas VIIIA SMPN 1 Benua Lima
Contoh: Laporan PTK SMP
 
14.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas VIIA SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
15.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Menggunakan Strategi KWL Siswa Kelas VIIIb SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
16.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Koordinasi Dan Alat Indra Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IXa SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
17.Peningkatan Hasil Belajar Materi HAM menurut Iman Kristen Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe KWL Siswa Kelas VIIB SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
18.Peningkatan Hasil Belajar Materi Ketrampilan Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL Siswa Kelas VIIIa SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
19.Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VIIIb SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
20.Peningkatan Hasil Belajar Materi Membangun Karakter Bangsa Melalui Sastra Menggunakan Model Scramble Siswa Kelas IXb SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
21.Peningkatan Hasil Belajar Materi Ketrampilan Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL Siswa Kelas VIIIa SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
22.Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VIIIb SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
23.Peningkatan Hasil Belajar Materi Membangun Karakter Bangsa Melalui Sastra Menggunakan Model Scramble Siswa Kelas IXb SMPN 4 Tamiang Layang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
24.Peningkatan Hasil Belajar Materi HAM menurut Iman Kristen Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe KWL Siswa Kelas IX SMPN Satu Atap 1 Dusun Timur
Contoh: Laporan PTK SMP
 
25.Peningkatan Hasil Belajar Materi The Transportation Menggunakan Media Game Who Wants To Be Millionaire Siswa Kelas IXc SMPN 1 Pematang Karau
Contoh: Laporan PTK SMP
 
26. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Aljabar Menggunakan                    Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Siswa Kelas VIIc SMPN 1 Pematang Karau
Contoh: Laporan PTK SMP
 
27. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pythagoras Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Pematang Karau
Contoh: Laporan PTK SMP
 
28.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Karusen Janang
Contoh: Laporan PTK SMP
 
29.Peningkatan Hasil Belajar Materi The Transportation Menggunakan Media Game Who Wants To Be Millionaire Siswa Kelas IXc SMPN 1 Pematang Karau
Contoh: Laporan PTK SMP
 
30.Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas VIIb SMPN 1 Pematang karau
Contoh: Laporan PTK SMP

31.Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Hidup Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments  Siswa Kelas VIIIa SMPN 1 Pematang Karau
 
32.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW  Siswa Kelas VIIc SMPN 1 Pematang Karau

33.Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Hidup Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments  Siswa Kelas VIIIa SMPN 1 Pematang Karau
 
34.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW  Siswa Kelas VIIc SMPN 1 Pematang Karau
 
35.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pythagoras Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples  Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Pematang Karau

36.Peningkatan Hasil Belajar Materi Geometri Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together  Siswa Kelas VIIIa SMPN 1 Pematang Karau
 
37.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Karusen Janang
 
38.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Menggunakan Strategi KWL Siswa Kelas VIIIa SMPN 1 Karusen Janang
 
39.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Koordinasi Dan Alat Indra Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IXa SMPN 1 Karusen Janang

40.Peningkatan Hasil Belajar Materi Could I Have One Melalui Media Gambar Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Benua Lima
 
41.Peningkatan Hasil Belajar Materi Clothes Menggunakan Strategi KWL  Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Benua Lima
 
42.Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Menggunakan
Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Benua Lima
 
43.Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Hidup Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments  Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Benua Lima
 
44.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Menggunakan Metode STAD Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Benua Lima
 
45.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Operasi dan Sistem Aplikasi Melalui Media Pembelajaran Siswa Kelas VIIb SMPN 1 Benua Lima
 
46.Peningkatan Hasil Belajar Materi Clothes Menggunakan Strategi KWL  Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Paju Epat

47.Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Karusen Janang
 
48.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Operasi dan Sistem Aplikasi Melalui Media Pembelajaran Siswa Kelas VIIb SMPN 1 Karusen Janang
 
49.Peningkatan Hasil Belajar Materi Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas VIIa SMPN 1 Paku
 
50.Peningkatan Hasil Belajar Materi Pranata Sosial dalam Kehidupan Masyarakat Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Siswa Kelas VIIID SMPN 1 Paku
 
51.Peningkatan Hasil Belajar Materi Lingkungan Hidup Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments  Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Paku
 
52.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Menggunakan Strategi KWL Siswa Kelas VIIIb SMPN 1 Paku
 
53.Peningkatan Hasil Belajar Materi Sistem Koordinasi Dan Alat Indra Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IXc SMPN 1 Paku

54.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas VIID SMPN 1 Paku
 
55.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Paju Epat
 
56.Peningkatan Hasil Belajar Materi Membangun Karakter Bangsa Melalui Sastra Menggunakan Model Scramble Siswa Kelas IXb SMPN 1 Paju Epat
 
57.Peningkatan Hasil Belajar Materi HAM menurut Iman Kristen Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe KWL Siswa Kelas VIIIB SMPN 1 Paju Epat

58.Peningkatan Hasil Belajar Materi Membangun Karakter Bangsa melalui Sastra Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe SAL  Siswa Kelas IXb SMPN 1 Karusen Janang

59.Peningkatan Hasil Belajar Materi Peristiwa Bermakna Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  Siswa Kelas IXa SMPN 1 Karusen Janang

60. Peningkatan Hasil Belajar Materi Hiburan Hati Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT  Siswa Kelas IXa SMPN 1 Karusen Janang