Senin, 07 Maret 2022

Sistematika Laporan PTK, Bagaimana?


Bagian Pembuka : halaman sampul, pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, daftar tabel 
Bagian Isi Laporan: (minimal 40 halaman, tidak termasuk bagian pembuka dan lampiran)
Bab I PENDAHULUAN 
Latar Belakang Masalah (dan alternatif tindakan.Jelaskan: kondisi ideal, kondisi riil selama ini- didukung data hasil refleksi awal- ,  penyebab munculnya masalah serta alternatif tindakan yang dipilih).
B. Rumusan Masalah (Sesuai dengan latar belakang dan judul penelitian)
C. Tujuan Penelitian  (Menjelaskan jawaban atas pertanyaan atau masalah pokok yang dirumuskan)
D. Manfaat Penelitian (1. Bagi Siswa; 2. Bagi Guru; 3. Bagi Sekolah; 4. Bagi Depdiknas)
Bab II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR, DAN HIPOTESIS 
Kajian Pustaka (kajian masalah dan alternatif tindakannya)
Teoritis (menurut keilmuan yang telah mapan)
Empiris (hasil peneitian terdahulu)
Implementasi model pembelajaran (di mapel guru yang bersangkutan)
B. Kerangka Berpikir  (Dengan Bagan, Jelaskan: relevansi antara:
-Kondisi awal (hasil refleksi awal)
-Tindakan  (Implementasi model pembelajaran yang dipilih)
-Kondisi Akhir (Hasil yang diharapkan)
C. Hipotesis Tindakan 
Bab III METODE PENELITIAN 
A. Tempat dan Waktu 
B. Subjek Penelitian 
C. Prosedur Penelitian (blue print / desain penelitian, minimal 2 siklus)
1. Siklus 1 (Penjelasan global tentang tahap Perencanaan, Pelaksanaan (Minim 3 Pertemuan), Pengamatan, dan Refleksi )
2. Siklus II (Penjelasan global tentang tahap Perencanaan, Pelaksanaan(Minim 3 Pertemuan), Pengamatan, dan Refleksi )
D. Pengumpulan Data 
E. Analisis Data 
F. Indikator Penelitian  ( Indikator  keberhasilan Tindakan )
Bab IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 
Deskripsi Hasil Tindakan Siklus I 
1. Perencanaan (Kegiatan Awal, Inti, Penutup)     
2. Pelaksanaan 
     *Tindakan guru sudah sesuai perencanaan awal?
     *Bagaimana  implementasi tindakan guru?
     *Dapat ditampilkan foto KBM beserta deskripsinya
3. Pengamatan 
    *Bagaimana proses  pelaksanaan tindakan guru ?
    *Bagaimana dampaknya bagi siswa?
    Jelaskan: PBM guru, Kondisi  siswa, situasi klas, hasil belajar (Tampilkan tabel / grafik disertai deskripsi)
 4. Refleksi (Jelaskan keberhasilan  dan kegagalan yang ditemui serta  upaya tindak lanjutnya)
B. Deskripsi Hasil Tindakan Siklus II  (Lihat : sub bab Siklus I)
C. Deskripsi Peningkatan Hasil Tindakan 
D. Pembahasan Hasil Penelitian 
1. Perkembangan kinerja  guru (tindakan guru sejak Siklus I hingga Siklus II)
*Dapat berbentuk grafik disertai deskripsi atau narasi.
2. Perkembangan kualitas  proses maupun hasil belajar (Dampak tindakan guru  sejak Siklus I hingga Siklus II)
*Dapat berbentuk grafik disertai deskripsi  atau narasi.
3. Perkembangan hasil refleksi   sejak Siklus I hingga Siklus II (disertai pembahasan berbagai teori keilmuan dan hasil penelitian  yg relevan)
Bab V KESIMPULAN DAN SARAN 
Kesimpulan  (*Sintesis  yg menyeluruh dan terpadu) 
       1. Pelaksanaan tindakan guru (Implementasi model pembelajaran yang telah dilakukan guru)
       2. Dampak tindakan  guru bagi siswa
      B. Saran  (*operasional dan mudah dimengerti) 1. Bagi Siswa;2. Bagi Guru; 3. Bagi Sekolah;4. Bagi Depdiknas.
DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN 
Menurut Suhardjono (2013), Selaku Ketua TIM PAK PUSAT JAKARTA, harus dilampirkan dokumen kegiatan penelitian di tiap pertemuan pembelajaran atau tiap siklusnya (di setiap tahapan),  meliputi: Biodata; Jadwal Penelitian (hari, tanggal, jam tiap pertemuan di tiap siklusnya); RPP + skenario PBM; instrumen yang digunakan;  contoh isian instrumen; foto disertai narasinya tentang kegiatan guru, siswa dan observer; surat izin penelitian; rencana pembelajaran (RPP); Surat pernyataan Keaslian dari Kepala Sekolah; Surat Pernyataan guru mitra selaku observer;  Contoh hasil kerja bserver, Contoh hasil kerja guru seperti hasil koreksi guru, analisis hasil  belajar, dan jurnal pembelajaran (catatan lapangan); Contoh hasil kerja siswa (sekitar 10 anak ) selama proses hingga akhir pembelajaran; Lembar instrumen penelitian + contoh isiannya;    surat ijin penelitian,  foto-foto kegiatan, daftar hadir untuk semua pertemuan,  surat pernyataan dari kepala sekolah mengenai keaslian naskah, Dokumen seminar: berita acara, notulen, daftar hadir, kepanitiaan, makalah, bahan presentasi, surat keterangan dari KS dan Panitia seminar, foto kegiatan seminar, dan dokumen penelitian lainnya yang menunjang kelengkapan laporan.

 (* Penyunting tinggal di: www.tghbasuki.blogspot.com)