Kamis, 08 September 2022

Hidayah adalah hak prerogatif-Nya

Surat Al-An’am Ayat 125
فَمَن يُرِدِ ٱللَّهُ أَن يَهْدِيَهُۥ يَشْرَحْ صَدْرَهُۥ لِلْإِسْلَٰمِ ۖ وَمَن يُرِدْ أَن يُضِلَّهُۥ يَجْعَلْ صَدْرَهُۥ ضَيِّقًا حَرَجًا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى ٱلسَّمَآءِ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْعَلُ ٱللَّهُ ٱلرِّجْسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

"Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam"

Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah menerangkan:
Yakni, meluaskan dadanya agar dadanya lapang dalam menerima Islam.
Abu Ja’far al-Mada’iny berkata: Rasulullah ditannya tentang ayat ini oleh para sahabat:

 Ya Rasulullah, bagaimana bisa dadanya menjadi lapang? Ia menjawab: “karena cahaya yang dimasukkan ke dalam dadanya sehingga terasa luas dan lapang baginya”.

 Mereka berkata: “apakah hal itu ada tandanya sehigga bisa diketahui?”. Ia menjawab: “yakni dengan mendekatkan diri pada negeri yang kekal (akhirat), menjauhi negeri yang penuh tipu daya (dunia), dan menyiapkan kematian sebelum kedatangannya”. 

Hadist ini dikeluarkan oleh Abdurrazaq, Ibnu Jarir dan yang lainnya; ini adalah hadist yang dhaif karena termasuk hadist mursal, namun memiliki beberapa penguat.

وَمَن يُرِدْ أَن يُضِلَّهُۥ يَجْعَلْ صَدْرَهُۥ ضَيِّقًا (Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak)
Tidak ada tempat bagi keimanan dan hidayah di dalamnya.

Allahu A'lam
Referensi : https://tafsirweb.com/2249-surat-al-anam-ayat-125.html


Menyusun Rubrik Hasil Projek, Bagaimana?

Cara menyusun rubrik hasil projek, Bagaimana? 

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD-SMP-SMA memberikan contoh cara menyusun rubrik hasil projek.

Contoh ini dapat digunakan untuk evaluasi implementasi aksi projek.

Ada 3 komponen di implementasi aksi projek yang dinilai dengan menggunakan rubrik, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan ketepatan sasaran.


1. Perencanaan

  • a. Mulai Berkembang
    • Masih berupa curah pendapat dan ide-ide yang belum beraturan
  • b. Sudah Berkembang  
    • Perencanaan memiliki tujuan yang jelas
  • c. Mahir
    • Perencanaan yang jelas: tujuan dan lini masa yang realistis

  • d. Sangat Mahir
    • Perencanaan yang jelas dan matang: tujuan, tahapan-tahapan penting (milestones) serta lini masa yang realistis

2. Pelaksanaan

  • a. Mulai Berkembang
    • Peserta didik melaksanakan aktivitas-aktivitas secara sporadis
  • b. Sudah Berkembang  
    • Peserta didik Mengidentifikasi satu jalur untuk menjalankan rencana.
    • Mereka dapat melaksanakan proses runtut dan meminta bantuan pada pihak-pihak yang sesuai
  • c. Mahir
    • Peserta didik Mengidentifikasi satu jalur untuk menjalankan rencana.
    • Mereka dapat melaksanakan rencana dengan proses yang terkoordinasi
  • d. Sangat Mahir
    • Peserta didik Mengidentifikasi jalur yang berbeda untuk menjalankan rencana.
    • Mereka dapat melaksanakan rencana dengan proses yang terkoordinasi, bervariasi dan bekerja secara adaptif

3. Ketepatan sasaran

  • a. Mulai Berkembang
    • Masih dalam proses kejadian yang menyebabkan permasalahan dan akibat yang ditimbulkan
  • b. Sudah Berkembang  
    • Solusi/aksi yang ditawarkan berupa ide yang masih di permukaan permasalahan dan/atau kurang realistis
  • c. Mahir
    • Solusi/aksi yang ditawarkan menyasar faktor-faktor yang terkait dengan permasalahan dan dampak positif sementara
  • d. Sangat Mahir
    • Solusi/aksi yang ditawarkan menyasar inti permasalahan, realistis dan memberikan dampak yang ditawarkan. 
Sumber: Panduan P5