Selasa, 11 Januari 2022

Hakekat pendidikan, Apa?

Ada 3 tugas guru terkait tupoksi, yaitu mendidik, mengajar, dan melatih anak didik. Kompetensi guru ini perlu di upgrade seiring dinamika jaman.

 Lebih jauh, iklim lingkungan belajar anak didik menjadi variabel yang perlu dipertimbangkan oleh guru. Iklim lingkungan yang berbeda dan keunikan potret anak didik menjadi tantangan bagi guru untuk memilih model dan gaya pembelajaran. 

Bagaimanakah cara mendidik anak-anak kita? 
Ada adagium "satu model keteladanan lebih mengena daripada ribuan motto yang terpampang di tiap sudut ruang"

Maka, keteladanan di kalangan pendidik menjadi penting daripada ribuan instruksi yang bersifat indoktrinasi dan formalistik belaka. 

Mendidik, sesungguhnya lebih dekat dengan merangkul dan bukan memukul, yaitu tindakan persuasif yang tepat papan dan waktunya, termasuk diksi, irama, dan cara mendekati anak didik kita. 

Bagaimanakah mengajar anak didik kita? 
Di tengah perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi yang pesat dewasa ini, model pembelajaran guru perlu di upgrade, khususnya dalam pemanfaatan konten pembelajaran dan penggunaan tehnologi pembelajaran. 

Tak bisa dipungkiri, anak didik kita memasuki era generasi milenial dimana mereka tak sulit untuk memanfaatkan produk tehnologi hari ini. 

Di sinilah pentingnya penguasaan tehnologi informasi dan komunikasi di kalangan guru hingga layanan pembelajaran menjadi bermakna bagi kehidupan dan masa depan anak didik kita. 

Bagaimanakah melatih anak didik kita? 
Ekskul di sekolah, tentunya perlu dihidupkan untuk mendongkrak skill anak didik kita. Di sinilah perlunya _pelatih_ yang mumpuni. Pelatih atau pembina ini bisa disiapkan dari dalam maupun luar sekolah. 

Peningkatan skill anak didik terkait Mapel apapun sudah barang tentu membutuhkan peralatan yang memadai. 

Maka, perencanaan anggaran sekolah membutuhkan input data atau rencana kebutuhan terkait pelaksanaan program dan kebutuhan di sekolah. 

Allahu A'lam