Warisan terbesar Guru adalah Buku, Fiksi, Non Fiksi, Atau satu huruf Alif sekalipun! Agar mengundang banyak tanya bagi anak-didik kita? Maka, Menulislah seperti orang jatuh cinta (Kata Kang Mashuri, Penyair Muda Jawa Timur an) Tanpa Cinta dengan profesi kita. Kita memang tak membuahkan apa-apa. Hanya getah dan busa tak bermakna Yang kita wariskan. Dan, itu racun bagi anak didik kita! Mengapa kita tak meracik anti virus (Buku) yang menyehatkan Dan membahagiakan anak-didik kita?
Kamis, 08 September 2022
Hidayah adalah hak prerogatif-Nya
Menyusun Rubrik Hasil Projek, Bagaimana?
Cara menyusun rubrik hasil projek, Bagaimana?
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD-SMP-SMA memberikan contoh cara menyusun rubrik hasil projek.
Contoh ini dapat digunakan untuk evaluasi implementasi aksi projek.
Ada 3 komponen di implementasi aksi projek yang dinilai dengan menggunakan rubrik, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan ketepatan sasaran.
1. Perencanaan
- a. Mulai Berkembang
- Masih berupa curah pendapat dan ide-ide yang belum beraturan
- b. Sudah Berkembang
- Perencanaan memiliki tujuan yang jelas
- c. Mahir
- Perencanaan yang jelas: tujuan dan lini masa yang realistis
- d. Sangat Mahir
- Perencanaan yang jelas dan matang: tujuan, tahapan-tahapan penting (milestones) serta lini masa yang realistis
2. Pelaksanaan
- a. Mulai Berkembang
- Peserta didik melaksanakan aktivitas-aktivitas secara sporadis
- b. Sudah Berkembang
- Peserta didik Mengidentifikasi satu jalur untuk menjalankan rencana.
- Mereka dapat melaksanakan proses runtut dan meminta bantuan pada pihak-pihak yang sesuai
- c. Mahir
- Peserta didik Mengidentifikasi satu jalur untuk menjalankan rencana.
- Mereka dapat melaksanakan rencana dengan proses yang terkoordinasi
- d. Sangat Mahir
- Peserta didik Mengidentifikasi jalur yang berbeda untuk menjalankan rencana.
- Mereka dapat melaksanakan rencana dengan proses yang terkoordinasi, bervariasi dan bekerja secara adaptif
3. Ketepatan sasaran
- a. Mulai Berkembang
- Masih dalam proses kejadian yang menyebabkan permasalahan dan akibat yang ditimbulkan
- b. Sudah Berkembang
- Solusi/aksi yang ditawarkan berupa ide yang masih di permukaan permasalahan dan/atau kurang realistis
- c. Mahir
- Solusi/aksi yang ditawarkan menyasar faktor-faktor yang terkait dengan permasalahan dan dampak positif sementara
- d. Sangat Mahir
- Solusi/aksi yang ditawarkan menyasar inti permasalahan, realistis dan memberikan dampak yang ditawarkan.